TATA CARA DAN SYARAT PEMBUATAN SKCK DIPOLSEK DAN POLRES

Tata Cara dan Persyaratan Pembuatan SKCK

Mengurus administrasi di tingkat Kelurahan, Kecamatan, atau Kabupaten/Kota, seperti halnya pembuatan SKCK membutuhkan sejumlah hal yang perlu dipersiapkan berupa berkas berkas. berkas apa saja yang harus dipersiapkan dan bagaimana alur dari pengurusan SKCK

 

    1. Mempersiapkan Surat Pengantar

Untuk mendapatkan surat pengantar dari Kelurahan, terlebih dahulu Anda perlu berkunjung ke Ketua RT setempat agar dibuatkan surat pengantar ke Ketua RW. Dari RW Anda akan mendapatkan surat pengantar ke Kelurahan/Desa dengan keperluan tersebut.

Untuk pengurusan surat pengantar sampai ke tingkat Kelurahan atau Desa, biasanya ada biaya administrasi untuk kas kelompok masyarakat atau bisa juga tanpa biaya apapun (tergantung kebijakan Desa setempat). Di Kelurahan atau Balai Desa, selanjutnya temui petugas untuk menyerahkan surat dari Kepala Dusun/Ketua RW kepadanya. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi dan melengkapi formulir yang dibutuhkan.

Perlu diperhatikan, mempersiapkan surat pengantar dari Kelurahan tidaklah menjadi syarat mutlak. Di beberapa wilayah/daerah di Indonesia, Polsek atau Polres telah meniadakan syarat membawa surat pengantar Kelurahan. Hal ini dilakukan demi kemudahan dan kenyamanan masyarakat yang tidak ingin waktunya habis hanya untuk mengurus SKCK.

 

    1. Persyaratan yang Diperlukan untuk Proses Pengurusan SKCK

Setelah Anda mendapatkan surat pengantar dari Kelurahan dan rekomendasi Kecamatan, sebelum mengurus SKCK ke Polsek atau Polres, silakan lengkapi persyaratan ini.

Bagi yang terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia (WNI):

      1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM).
      2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
      3. Fotokopi Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir/Ijazah Terakhir.
      4. Pas foto 4×6 berlatar/background merah sebanyak 6 lembar.

Bagi yang terdaftar sebagai Warga Negara Asing (WNA):

      1. Fotokopi Paspor.
      2. Surat Sponsor dari Perusahaan (Asli).
      3. Fotokopi Surat Nikah.
      4. Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).
      5. Fotokopi IMTA (Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing) dari Kementerian Tenaga Kerja
      6. Fotokopi Surat Tanda Melapor (STM) dari Kepolisian
      7. Pas foto 4×6 berlatar/background kuning sebanyak 6 lembar.

syarat membuat SKCK baru:

    • Membawa Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan tempat domisili pemohon.
      •  Membawa fotokopi KTP/SIM sesuai dengan domisili yang tertera di surat pengantar dari
      Kantor Kelurahan.
      •  Membawa fotokopi Kartu Keluarga.
      •  Membawa fotokopi Akta Kelahiran/Kenal Lahir/Ijazah.
      •  Membawa Pas Foto terbaru dan berwarna ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar.
      •  Mengisi Formulir Daftar Riwayat Hidup yang telah disediakan di kantor Polisi dengan jelas dan benar.
      •  Pengambilan Sidik Jari oleh petugas.

Memperpanjang masa berlaku SKCK:

    • Membawa lembar SKCK lama yang asli/legalisir (maksimal telah habis masanya selama 1 tahun)
      •  Membawa fotokopi KTP/SIM.
      •  Membawa fotokopi Kartu Keluarga.
      •  Membawa fotokopi Akta Kelahiran/Kenal Lahir/Ijazah.
      •  Membawa Pas Foto terbaru yang berwarna ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar.
      •  Mengisi formulir perpanjangan SKCK yang disediakan di kantor Polisi.
  1. Pengurusan SKCK di Polsek atau Polres

Setelah kelengkapan yang perlu dipersiapkan sudah terpenuhi, silakan Anda lanjutkan pengurusan SKCK di Polsek (tingkat Kecamatan) atau ke Polres (tingkat Kabupaten/Kota). Di sini ada poin penting yang harus Anda ketahui.

  • Untuk keperluan melamar pekerjaan, kelengkapan administrasi PNS/CPNS, dan pembuatan visa atau keperluan lain yang bersifat antarnegara, Anda bisa langsung datang ke Polres (tingkat Kabupaten/Kota), dan bukan membuat SKCK di Polsek.
  • Pastikan Anda datang ke Polsek atau Polres pada jam operasional pelayanan, yaitu hari kerja Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 atau Sabtu pukul 08.00-11.00. Silakan Anda langsung menuju loket bagian SKCK untuk mendaftarkan/memasukkan berkas yang telah Anda siapkan. Nanti Anda akan diminta untuk mengisi formulir.
  • Pihak Polsek akan meminta kelengkapan syarat-syarat seperti yang telah dijelaskan di atas sebagai kelengkapan rekomendasi. Karena itu, agar memudahkan dan tidak bolak-balik fotokopi atau mencetak foto, lebih baik persiapkan persyaratan-persyaratan yang telah dijelaskan dalam jumlah banyak.
  • Tentang sidik jari, bagi Anda yang mengurus SKCK baru dan belum punya rumus sidik jari, Anda bisa melakukan pengambilan sidik jari di Polres, tepatnya bagian rekam rumus sidik jari. Untuk perekaman sidik jari ini, biasanya ada yang memungut biaya sebesar Rp5.000 atau lebih (tergantung kebijakan Polsek atau Polres setempat). Tapi ada juga Polres atau Polsek yang sudah meniadakan biaya tersebut, sehingga Anda perlu bertanya mengenai hal ini.
  • Kalau mengurus SKCK di Polres, biasanya prosesnya bisa lebih cepat untuk mendapatkan sidik jari sebagai salah satu syarat dalam penerbitan SKCK. Ada pengalaman juga ketika mengurus penerbitan SKCK di Polsek, pihak Polsek akan memberikan surat rekomendasi untuk pembuatan rumus sidik jari di Polres.
  • Setelah proses sidik jari selesai, saatnya untuk mengumpulkan berkas-berkas yang telah Anda siapkan dan membayar uang penerbitan SKCK di loket. Tunggu antrean dan SKCK akan segera selesai.

 

Info menarik lainnya

Share:

Satu komentar pada “TATA CARA DAN SYARAT PEMBUATAN SKCK DIPOLSEK DAN POLRES”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PENINGKATAN KAPASITAS LINMAS DESA LAMUK

LAMUK, Dalam rangka meningkatakan  Kapasitas Anggota LINMAS, Pemerintah  Desa Lamuk Kecamatan  Kejobong   Kabupaten Purbalingga  mengadakan  Pendidikan  dan Latihan  Peningkatan  Kapasitas 

PENGASPALAN JALAN LINGKUNGAN DESA LAMUK

LAMUK, Pengaspalan jalan  lingkungan  Desa Lamuk  Kecamatan  Kejobong Kabupaten Purbalingga merupakan  anggaran   Bantuan  Keuangan Khusus  (  BKK )  Provinsi  Tahun 

PEMBANGUNAN JEMBATAN

LAMUK, pelaksanaan  Pembangunan Jembatan   penghubung  antara  RT 03 dengan  RT 04 Desa Lamuk  Kecamatan Kejobong Purbalingga telah  selesa akhir Desember

MUSDES PENGESAHAN APBDes tAHUN 2024

LAMUK,  Pemerintahan  Desa Lamuk  mengadakan  MUSDES Penetapan/Pengesahan  APBDes Tahun Anggaran 20204.bertempat di Aula  Indrakila  Desa Lamuk acara tersebut  di hadiri 

MUSDESUS BLT DD TAHUN 2024

Lamuk,  Bantuan  Langsung  Tunai  (  BLT )  DD untuk  tahun  2024  masih  dianggaran  sesuai  dengan  juklak  dan  juklnis anggaran DD