Petani Desa Lamuk ” Geber ” Tanam Padi Musim Sadon

Lamuk, Desa Lamuk Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga adalah merupakan desa yang memliki area persawahan paling luas di wilayah Kecamatan Kejobong dan secara tidak langsung menjadi salah satu lumbung padi di Kabupaten Purbalingga.

Setelah usai panen, sejumlah petani di Desa Lamuk sudah banyak yang langsung mulai mengolah lahan sawah untuk persiapan Masa Tanam (MT) 2 atau yang biasa petani sebut musim Sadon. Bahkan ada beberapa petani yang sudah mulai menyemai benih padinya. Adapun benih padi yang mereka tanam bervarisasi, diantaranya : Situbagendit, Inpari 32,Inpari 33, Ciherang, dan Mapan.

“Sekitar 20 hari lagi sudah mulai tanam padi musim sadon”, kata Sukarso salah satu petani yang ada didesa Lamuk. Senin (29/06/2020)

Lahan Persawahan Desa Lamuk

Percepatan tanam padi musim Sadon ini dilakukan guna menanggulangi kekurangan air pada bulan Agustus – September yang biasanya dilakukan pengeringan untuk perawatan saluran irigasi, dengan dilakukan percepatan tanam padi ini diharapkan pada saat pengeringan saluran irigasi nanti, tanaman padi sudah tidak terlalu membutuhkan banyak air. Sehingga harapan para petani nanti pada saat panen MT-2 / Sadon bisa mendapatkan hasil produksi padi yang maksimal.

Info menarik lainnya

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PERAN MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN

Peran masyarakat sangat penting dalam proses pembangunan. Masyarakat memiliki potensi dan pengetahuan yang unik tentang kebutuhan, harapan, dan tantangan yang

AYO!!! KAWAL DANA DESA

Kawal dana desa merupakan upaya untuk melakukan pengawasan terhadap pengelolaan dan penggunaan dana desa. Hal ini bertujuan untuk memastikan transparansi,