Datang ke TPS Berasa di dalam Goa

Goa Demokrasi

Kabupaten Purbalingga memiliki “destinasi” wisata baru dalam bentuk goa. Namun, sifatnya hanya sementara. Bahkan hanya digunakan dalam waktu satu hari. Goa Demokrasi namanya. Letaknya di TPS 2, Desa Lamuk, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Lamuk sekaligus pencetus ide TPS ini, Andris Subekti menjelaskan adanya TPS Goa Demokrasi karena ingin membuat sesuatu yang menarik minat warga untuk datang ke TPS.

“Ini tujuannya untuk memotivasi agar masyarakat tertarik ke TPS. Karena saya mendengar informasi banyak yang bakal golput. Bukan karena tidak memiliki pilihan tapi karena takut dengan pandemi,” katanya saat ditemui, Rabu (9/12/2020).

Selain itu, tema Goa Demokrasi ini juga tercetus dari landmark Purbalingga yang juga identik dengan Goa Lawa. Tak tanggung-tanggung, Petugas TPS yang berjaga pun dengan menggunakan kostum kelelawar. Persiapan yang dilakukan terbilang cukup lama. Karena membutuhkan bahan baku kertas semen yang tidak sedikit.

“Ini yang mengerjakan ada 9 orang. Kurang lebih sejak sebulan lalu persiapan membuatnya. Biaya yang dihabiskan total Rp 1,5 juta. Tapi dana yang digelontorkan dari pemerintah hanya Rp 850 ribu. Sisanya kita iuran,” jelasnya.

Rini (32), Warga RT 02/01, mengaku tidak takut untuk datang ke TPS. Menurutnya tiap warga tetap memiliki hak suara untuk menentukan pemerintahan ke depan.

Di Desa Lamuk sendiri terdapat 7 TPS. Tiap TPS dibatasi maksimal 500 pemilih. Di lokasi ini, tercatat ada 425 pemilih yang harusnya bisa menggunakan hak suaranya. Andris berharap tidak ada warga yang golput.

Kabupaten Purbalingga saat ini tengah mengadakan pesta demokrasi Pilkada Serentak 2020. Terdapat dua Pasangan Calon (Paslon) yang berebut mendapatkan hati rakyat.

Paslon nomor urut 01 yang diusung PKB dan PPP yaitu Muhammad Sulhan Fauzi dan Zaini Makarim Supriyanto atau dikenal Oji-Jeni melawan Paslon 02 yang merupakan bupati petahana dari PDIP dan Partai Golkar, Dyah Hayuning Pratiwi dan Sadono yang dikenal Tiwi-Dono.

Sumber: www.jateng.com

 

 

 

 

Info menarik lainnya

Share:

PENINGKATAN KAPASITAS LINMAS DESA LAMUK

LAMUK, Dalam rangka meningkatakan  Kapasitas Anggota LINMAS, Pemerintah  Desa Lamuk Kecamatan  Kejobong   Kabupaten Purbalingga  mengadakan  Pendidikan  dan Latihan  Peningkatan  Kapasitas  LINMAS. Adapun kegiatan  dilaksanakan   2 hari  tanggal  19 – 20 

PENGASPALAN JALAN LINGKUNGAN DESA LAMUK

LAMUK, Pengaspalan jalan  lingkungan  Desa Lamuk  Kecamatan  Kejobong Kabupaten Purbalingga merupakan  anggaran   Bantuan  Keuangan Khusus  (  BKK )  Provinsi  Tahun  2023. pengaspalan jalan tersebut  berlokasi  di  wilyah  RT 7  dan

PEMBANGUNAN JEMBATAN

LAMUK, pelaksanaan  Pembangunan Jembatan   penghubung  antara  RT 03 dengan  RT 04 Desa Lamuk  Kecamatan Kejobong Purbalingga telah  selesa akhir Desember 2023,  adapun  anggaran pembangunan jembatan  tersebut  merupakan anggaran dari   

MUSDES PENGESAHAN APBDes tAHUN 2024

LAMUK,  Pemerintahan  Desa Lamuk  mengadakan  MUSDES Penetapan/Pengesahan  APBDes Tahun Anggaran 20204.bertempat di Aula  Indrakila  Desa Lamuk acara tersebut  di hadiri  oleh  Perangkat Desa, BPD, Bhabinkamtibmas, Ketua  RT /RW seluruh Desa

MUSDESUS BLT DD TAHUN 2024

Lamuk,  Bantuan  Langsung  Tunai  (  BLT )  DD untuk  tahun  2024  masih  dianggaran  sesuai  dengan  juklak  dan  juklnis anggaran DD tahun  2024 sebesar minimal  10  %  dari  pagu  Dana Desa