TUPOKSI PERANGKAT DESA

Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Perangkat Desa dapat bervariasi tergantung pada peraturan dan kebijakan yang berlaku di suatu negara atau wilayah. Namun, di Indonesia, berikut ini adalah contoh umum Tupoksi Perangkat Desa berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pedoman Pembentukan Perangkat Desa:

1. Menyelenggarakan Pemerintahan Desa
– Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pembangunan desa.
– Mengelola administrasi pemerintahan desa, seperti penyusunan rencana kerja, pembuatan surat keputusan, dan pengarsipan dokumen.

2. Penyusunan Rencana Kerja Desa (RKPDes)
– Mengumpulkan data dan informasi tentang kebutuhan dan potensi desa.
– Melakukan musyawarah desa untuk menyusun RKPDes.
– Mengajukan usulan program kegiatan desa ke pemerintah kabupaten/kota.

3. Pelaksanaan Pembangunan Desa
– Mengawasi pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan desa.
– Mengoordinasikan kegiatan masyarakat dalam pembangunan desa.
– Melakukan pemeliharaan dan perbaikan terhadap sarana dan prasarana desa.

4. Penyelenggaraan Pelayanan Masyarakat
– Mengelola administrasi kependudukan, seperti pencatatan data penduduk, pembuatan kartu keluarga, dan akta kelahiran.
– Memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat desa.
– Mengkoordinasikan kegiatan sosial dan kesejahteraan masyarakat desa.

5. Pengelolaan Keuangan Desa
– Membuat anggaran pendapatan dan belanja desa.
– Mengelola keuangan desa, termasuk penerimaan, pengeluaran, dan pembuatan laporan keuangan.
– Melakukan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan desa.

6. Pelaksanaan Pembinaan Kemasyarakatan
– Mendorong partisipasi masyarakat dalam kegiatan pembangunan desa.
– Melakukan pembinaan terhadap kelompok-kelompok masyarakat di desa.
– Mengoordinasikan kegiatan pembinaan keagamaan, kebudayaan, dan olahraga di desa.

7. Pelaksanaan Tugas Lain yang Diberikan oleh Pemerintah
– Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh pemerintah kabupaten/kota atau pemerintah provinsi terkait dengan pemerintahan desa.
– Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas kepada atasan atau pemerintah yang berwenang.

Tupoksi Perangkat Desa dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan kompleksitas desa serta kebutuhan masyarakat setempat. Oleh karena itu, daftar di atas hanya memberikan gambaran umum tentang tugas dan fungsi yang dapat dilakukan oleh Perangkat Desa.

Info menarik lainnya

Share:

PENINGKATAN KAPASITAS LINMAS DESA LAMUK

LAMUK, Dalam rangka meningkatakan  Kapasitas Anggota LINMAS, Pemerintah  Desa Lamuk Kecamatan  Kejobong   Kabupaten Purbalingga  mengadakan  Pendidikan  dan Latihan  Peningkatan  Kapasitas  LINMAS. Adapun kegiatan  dilaksanakan   2 hari  tanggal  19 – 20 

PENGASPALAN JALAN LINGKUNGAN DESA LAMUK

LAMUK, Pengaspalan jalan  lingkungan  Desa Lamuk  Kecamatan  Kejobong Kabupaten Purbalingga merupakan  anggaran   Bantuan  Keuangan Khusus  (  BKK )  Provinsi  Tahun  2023. pengaspalan jalan tersebut  berlokasi  di  wilyah  RT 7  dan

PEMBANGUNAN JEMBATAN

LAMUK, pelaksanaan  Pembangunan Jembatan   penghubung  antara  RT 03 dengan  RT 04 Desa Lamuk  Kecamatan Kejobong Purbalingga telah  selesa akhir Desember 2023,  adapun  anggaran pembangunan jembatan  tersebut  merupakan anggaran dari   

MUSDES PENGESAHAN APBDes tAHUN 2024

LAMUK,  Pemerintahan  Desa Lamuk  mengadakan  MUSDES Penetapan/Pengesahan  APBDes Tahun Anggaran 20204.bertempat di Aula  Indrakila  Desa Lamuk acara tersebut  di hadiri  oleh  Perangkat Desa, BPD, Bhabinkamtibmas, Ketua  RT /RW seluruh Desa

MUSDESUS BLT DD TAHUN 2024

Lamuk,  Bantuan  Langsung  Tunai  (  BLT )  DD untuk  tahun  2024  masih  dianggaran  sesuai  dengan  juklak  dan  juklnis anggaran DD tahun  2024 sebesar minimal  10  %  dari  pagu  Dana Desa